Kamis, 31 Januari 2013

Backpacker Part IV: Lombok, Bali & Jogja

Eleven day with Eleven best people. Perjalanan kali ini udah ga berdua lagi seperti perjalanan saya sebelumnya yang pesertanya selalu berdua.. udah kaya honeymoon aja. Lombok, tujuan utama saya dan satu teman kampus saya yang brengsek yaitu Kewong (nama disamarkan). Tuh kan akhirnya berdua lagi udah kaya honeymoon aja... josjosjossss!!!!
Saya dan satu teman saya mengisi liburan kuliah dengan berlibur ke lombok. Kebetulan teman kampus saya yang lain juga mau berlibur ke bali, yaudah akhirnya kita melakukan perjalanan bersama dari mulai berangkat sampai pulang lagi ke bandung. Dan jadilah ELEVEN DAY WITH ELEVEN BEST PEOPLE

Dari kiri atas: aep, koko, esti, sabun, aldi, ison. Dari kiri bawah: adit, kewong

It's me Openk, sorry fotonya agak blur, harusnya ganteng nih kalo ga blur

Ini dia si cantik nan sexy namanya uni, menurut saya sexy tuh cewe cantik yg gendong carrier bukan yg pake pakaian minim kurang bahan

Dan ini adalah tolib si aneh, manusia paling aneh sekampus widyatama, pokonya aneh seaneh anehnya

Kita mulai saja perjalanan panjang yang kita nikmati selama 11 hari, oh iya perkenalkan nama saya Openk 21 years old, 28 september (silakan kalo mau ngasih kado) mahasiswa widyatama angkatan 2009 jurusan manajemen keuangan yang memiliki hobi dan minat backpacker, android addict dan photografi (pengecualian untuk photografi hanya hobi memotret cewek cantik dan sexy)

20 Januari 2013
Berkumpul di kostan tolib (deket kampus) jam 16.00 lalu berangkat dari kampus widyatama menggunakan mobil teman saya si aep soalnya kebetulan rumah si aep tuh deket stasiun kiara condong. Sampai stasiun kiara condong bandung sekitar pukul 19.00, sambil nunggu kereta datang kita pun sholat terlebih dahulu di stasiun kircon, kita menggunakan kereta ekonomi kahuripan. Ya sesuai dengan budget mahasiswa lah. Kereta pun datang sesuai jadwal jam 20.30 dan perjalanan panjang pun dimulaaaaiii!!!!

Narsis-narsis dulu di stasiun sebelum berangkat

Narsis dulu di kereta ekonomi, salut lah buat teman-teman yg baru pertama kali naik kereta ekonomi ga pada ngeluh, yg berpengalaman naik kereta ekonomi tuh saya, kewong dan aep

Hobi saya nih bhuakakaka

Di perjalanan sempat foto-foto dulu di luar kereta saat kereta berhenti lama ga tau ngapain. Kebetulan ada lokasi menyeramkan pas liat keluar yaitu bangunan tua bekas belanda. Hajar aja foto-foto di situ walaupun teman yang saya ajak foto di situ sempat ketakutan, tp akhirnya mau setelah di paksa hahahaha.. (maaf fotonya hanya untuk koleksi pribadi, tidak untuk di publikasikan)

21 Januari 2013
Jam 06.00 tepat kereta kahuripan pun sampai di stasiun lempuyangan yogyakarta. Berhubung judulnya backpacker, jadi saya ajak teman-teman saya jalan kaki dari lempuyangan ke malioboro hahahaha.. saya bilang deket aja biar pada mau jalan (maaf ya bro sist piisss) Buat saya sih itu deket soalnya saya ga pernah pake kendaraan kalo dari lempuyangan ke malioboro, tp buat temen-temen saya pasti ngerasa jauh dan cape naudzubilah soalnya baru pertama kali hahahaha sori sori bro sist.
Sampai di malioboro saya langsung ke tempat penginapan langganan saya yg 2 tahun yang lalu masih Rp 50.000/kamar tapi ternya udah naik jadi Rp 85.000/kamar siaalll.. akhirnya saya pun cari penginapan murah lainnya. Sekitar 1 jam saya dan teman saya cari dan dibantu warga sekitar akhirnya dapet juga penginapan yang harganya Rp 25.000/orang murah beuuudd tapi sesuai dengan kondisi penginapannya yang kumuh dan 1 kamar standar di isi 8 orang sedangkan 1 kamar yg lebih kecil di isi 3 orang.. ya oke lah yang penting murah soalnya kita di jogja cuma transit semalam doang.
Sore hari kita keluar jalan-jalan cari makan, akhirnya memutuskan untuk makan di angkringan kopi joss pak agus.

Foto-foto dulu bentar

Wajib foto-foto disini kalo berkunjung ke jogja

Ga perlu dijelasin lagi maksud dari foto ini (hobi)

Ternyata sadar kamera si mba cantik ini.. sempet-sempetnya narsis lagi hahaha

Masih nunggu angkringan pak agus buka

Blog sendiri masa pasang foto orang lain mulu, narsis dulu

Tuh kan saya bilang juga apa, kalo ga blur mah saya teh ganteng hahaha

Malam harinya jalan-jalan dulu di seputaran malioboro. Ternyata anak widyatama banyak juga yang liburan ke jogja. Saya ketemu banyak temen-temen anak widyatama salah satunya si butut pitoy. Hujan pun mengguyur kota jogja di malam hari, untungnya ga lama. Berhubung hujan, hal yang paling asik dikala hujan adalah ngebeer hahaha. Saya dan kewong ngebeer di lantai 2 penginapan sambil ngobrol-ngobrol bareng temen-temen. Sarkem lah tema obrolan yang dibahas hahahaha....
Gara-gara beer saya jadi ngantuk dan taaarrraaaaa ide jahil pun muncul.... Saya tau kalo si uni takut sama saya, dari situ lah kesempatan buat ngerjain dia. Posisi uni tidur diranjang sedangkan teman-teman yg lain di bawah pinggir ranjang, berhubung diranjang cuma ada si uni, saya langsung meluncur ke ranjang dan pura-pura tidur (pura-pura mabok ceritana mah). Alhasil dia pun jadi takut bhuakakakaka.. manggil temen deketnya si aep buat ngusir saya dari ranjang
"ep ep itu si openk tidur di ranjang.. tolongin lah aku takut" saya pun di usir :((
Gila aja kalo macem-macem ke dia, bisa mati lah saya digebukin temen-temen deketnya.
Tenang aja un, saya mah orang baik walaupun suka minum dan teeeeeeeetttt (sensor)
Sorry waktu itu bikin takut kamu, becanda doang.. nyantai aja hahahaha

22 Januari 2013
Pagi pun tiba, si gila adit bangunin anak-anak jam 04.00 padahal kereta menuju banyuwangi berangkat jam 07.30.. kepagian brooo..
Jam 06.00 berangkatlah kita cari sarapan sekalian jalan ke stasiun lempuyangan. Again again again angkringan again.. sarapan, makan siang, makan malam still angkringan.. backpacker gitu (ngirit maksudnya mah) biar duitnya cukup dipake buat hal yang lebih penting lainnya.

Sarapan angkringan again

Siap-siap berangkat to banyuwangi

Gaya gue udah kaya yg mau ke gunung aja hahaha

Si aneh minta di fotoin dari belakang biar kaya yang mau ke bandara, tapi liat ke bawah tuh, masa ke bandara pake sendal jepit tiga rebuan hahahaha

Sama besar

Bidadari kelas ekonomi

Partner backpacker to lombok si kewong brengsek

Kereta pun berangkat jam 07.35 kita menggunakan kereta sri tanjung menuju banyuwangi. Jam 22.00 kita pun sampai di stasiun banyuwangi baru (stasiun akhir) dari stasiun menuju pelabuhan ketapang sangat dekat, hanya berjalan sekitar 15 menit sampai pelabuhan ketapang. Sebelum menuju pelabuhan ketapang, kita makan dulu di depan stasiun, makan murah cuma Rp 5.000 pake nasi + ayam, enak lagi makanannya.
Jam 22.30 kita berangkat menuju pelabuhan ketapang, tidak lupa foto-foto dulu di depan pelabuhan hehehe

Mohon maaf fotonya blur, maklum lah mata udah ga bisa diajak kerjasama

Setelah 15 menit kita pun membelah lautan menuju pulau bali melalui pelabuhan gilimanuk. Perjalanan ketapang-gilimanuk hanya memakan waktu 45 menit, tapi jangan lupa waktu maju 1 jam setelah berada di bali. Di dalam kapal kita dilantuni alunan lagu yang sangat khas yaitu rock dut dari SAMUDRA GRUP  OM.SONATA ~ SUAMI NAKAL ~ NEO SARI & SI RAMBUT JAGUNG

Ngakaaaaakkkkk reeekkk JOJOJOOOSSSSSSSSSS!!!!!

23 Januari 2013
Gara-gara keasikan dengerin lagu dari si rambut jagung perjalanan membelah lautan gak kerasa, kita sampai di pelabuhan gilimanuk jam 00.30 WITA. Dari pelabuhan gilimanuk kita jalan kaki menuju terminal, jaraknya dekat juga hanya 15 menit. Jangan lupa bawa KTP soalnya kalo ga bawa KTP kita ga boleh masuk bali, dan pasti diperiksa.
Sampai di terminal gilimanuk kita semua menggunakan bus yang sama dengan tujuan pelabuhan padang bai. Hanya saja 9 orang teman saya turun di terminal ubung, sedangkan saya masih lanjut menuju pelabuhan padang bai.
Jam 01.00 tepat kita pun berangkat menggunakan bus tujuan padang bai. Di bus kesialan pun dimulai, kita bareng dengan rombongan monyet-monyet udik dari universitas teeeeeeettttt (sensor) bandung. Udah enak duduk manis di sebelah pak supir, ehhh rombongan udik masuk bus yang sama, menuh menuhin aja. Sialnya lagi tujuan mereka sama dengan tujuan saya yaitu ke gili trawangan, shiiiittt!!!
Sekitar jam 04.00 ke-9 teman saya turun di ubung, belum sempat mengucapkan salam perpisahan ke si dia, bus langsung melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir padang bai :'( :'( ... Yang tersisa di bus pun hanya saya, kewong, rombongan udik dan beberapa orang yang tujuannya ke padang bai. Mulailah keudikan rombongan udik yang berisik dan ngomongin teman cewek saya si uni, mungkin karna uni cantik kali ya, sedangkan rombongan udik ga ada cewenya hahahaha kasian banget dasar udiiikkk udiiikkk. Akhirnya jam 06.00 bus pun sampai di padang bai. Di pelabuhan ke toilet dulu buat cuci muka sambil charge hp gratis hehehe, dan juga beli tiket ferry. Jam 07.00 saya dan kewong pun berangkat menuju lombok tepatnya menuju pelabuhan lembar. Untungnya rombongan udik ga sekapal dengan kita bhuakakakaka.. senangnya.
Muncul lah bule rese di kapal yang saya tumpangi, saya sebagai tuan rumah coba menyapa dia dan ngajak ngobrol. Dari tampangnya aja udah cengos tu bule, ehhh bener kan pas saya ajak ngobrol malah ketawa-ketawa dan ga tau dia ngomong apa, pokonya bukan ngomong english, ngomong bahasanya dia dan pake gerakan tangan nari-nari gitu lah ga tau apa maksudnya... shiiittt!! Di kapal si kewong tidur dari jam 08.00 sampe jam 10.00 enak banget tu orang, saya ga bisa tidur tapi untung aja di perjalanan indah banget, ada lumba-lumba lagi,, keren lah pokonya, ga perlu ke pulau kelapa mau liat lumba-lumba, di perjalanan ke lombok pun ada.

Keren dengan view gunung agung

Yaaa ga jelek jelek amat sih

Ya lumayan ngeksis di kapal

Akhirnya tiba juga di pelabuhan lembar, para supir dan calo pun mulai bekerja ngejar-ngejar kita dan terus nawarin kita tumpangan mobil carteran gitu, dengan 150ribu sampe pelabuhan bangsal, jatohnya murah sih kalo banyakan, tapi kita kan cuma berdua. Akhirnya kita jalan keluar pelabuhan dan naik carry dengan tarif 35ribu untuk 2 orang (nego) sampe terminal mandalika, harusnya 15ribu/orang tapi okelah gapapa.
Supirnya rada gila juga, hampir tiap 10 detik bunyiin klakson, ngebut lah pokonya mah. Akhirnya sampai juga di terminal mandalika jam 12.30, dan kita pun lanjut naik enkel (elf) menuju pemenang. Di terminal ngetem 1 jam belum lagi di jalan ngetem juga shiitt lammaaaa.. sebenernya sih dengan waktu 1.5 jam kita bisa sampe pemenang tapi karna ngetem terus jadi kita sampai di pemenang jam 04.00 sore.
Berhubung ada longsor di jalur biasa (mandalika - pemenang), mobil pun dialihkan melalui senggigi. Sungguh beruntungnya kita bisa lewat senggigi dengan keindahan pantainnya yang luar biasa. Untung saja kita sampai pemenang jam 04.00 sore tapi deg degan juga takut ga ketinggalan public boat, soalnya public boat terakhir menuju gili trawangan itu jam 04.00 sore. Sampai di pemenang langsung naik cidomo (andong) menuju pelabuhan bangsal, sebentar sih cuma 10 menit... oh iya sebaiknya beli air minum dulu yg banyak sebelum ke gili trawangan, soalnya disana harganya mahaaallll.
Sampai di pelabuhan bangsal untung saja public boat yg terakhir belum berangkat, alhamdulillah masih sempet dan ga tidur di pelabuhan..
Di boat kita barengan dengan pasangan muda ganteng dan cantik dari england, tapi cuma ngobrol sedikit soalnya disalip oleh warga setempat yang mau ke gili trawangan juga :( tapi ada hikmahnya juga bareng sama warga lokal soalnya kita ditawari penginapan yaaa lumayan murah lah 100ribu/malam. Yang tawarin penginapan namanya Bli Ketut.
Butuh waktu 30 menit untuk membelah lautan menuju gili trawangan, kita pun sampai dan langsung menuju penginapan (lupa lagi euy namanya). Di penginapan kita langsung mandi, setelah mandi kita pun langsung cari makan. Makanan yang kita pilih adalah gado-gado karna paling murah hahaha kenyang lagi karna porsinya banyak, gado-gado + kerupuk + air mineral cup 12ribu.
Setelah makan kita jalan-jalan sebentar ke pantai dan foto-foto

Lumayan ganteng dan lumayan keren sunsetnya

So keren

Malam pun tiba, untuk malam ini ga party soalnya cape banget, jam 9 juga udah tidur. Kita ditawari paket snorkeling sama bli ketut ke tiga gili yaitu gilitrawangan, gili air dan gili meno dengan tarif 90ribu, tarif normalnya 100ribu. Langsung kita eksekusi paket snorkeling hahaha karna tujuan kita emang mau snorkeling.